Search for collections on Repository Wira Medika

GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI PELAYANAN INSTALASI GAWAT DARURAT RSUP PROF. DR. I.G.N.G NGOERAH

Medi Astuti, Ni Made (2025) GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI PELAYANAN INSTALASI GAWAT DARURAT RSUP PROF. DR. I.G.N.G NGOERAH. Bachelor (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN WIRA MEDIKA BALI.

[thumbnail of Abstrak Skripsi] Text (Abstrak Skripsi)
Fiks Skripsi Medi-1 - mediastuti 80.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (158kB)

Abstract

Instalasi Gawat Darurat (IGD) merupakan ujung tombak pelayanan rumah sakit yang memegang peran penting dalam penyelamatan nyawa secara cepat dan tepat. Tingginya angka kunjungan di IGD RSUP Prof. Dr. I.G.N.G Ngoerah, disertai dengan indikasi adanya variasi kepuasan pasien, menimbulkan urgensi untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap mutu pelayanan IGD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan IGD RSUP Prof. Dr. I.G.N.G Ngoerah berdasarkan lima dimensi kualitas pelayanan. Penelitian ini merupakan studi kuantitatif deskriptif dengan pendekatan cross-sectional dengan jumlah sampel sebanyak 340 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling di Zona Kuning IGD RSUP Prof. Dr. I.G.N.G Ngoerah. Data dikumpulkan melalui kuesioner berbasis skala Likert dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar pasien menyatakan sangat puas (63,5%), puas (27,6%), dan cukup puas (8,8%) terhadap pelayanan IGD. Dimensi dengan tingkat kepuasan tertinggi adalah responsiveness (84,25%), sedangkan terendah adalah tangibles (75,41%). Mayoritas responden berusia 51–60 tahun, berjenis kelamin laki-laki, berpendidikan tingkat SMP, bekerja di sektor swasta, dan memiliki pengalaman dirawat sebelumnya. Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan IGD RSUP Prof. Dr. I.G.N.G Ngoerah tergolong tinggi, khususnya pada aspek daya tanggap (responsiveness) tenaga kesehatan. Meskipun demikian, aspek tangibles seperti fasilitas ruang tunggu dan kebersihan masih perlu ditingkatkan guna menunjang mutu pelayanan secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pasien, Pelayanan IGD, Kualitas layanan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions (tempat file akan disimpan): S1 Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with username 243221520
Date Deposited: 14 Aug 2025 01:32
Last Modified: 14 Aug 2025 01:32
URI: https://repo.stikeswiramedika.ac.id/id/eprint/126

Actions (login required)

View Item
View Item